Wajah Kota

Sudut dan sisi kota punya cerita, wajah kota terekam kamera

Patung Ki Nartosabdo Klaten

Patung Ki Nartosabdo Klaten

Patung Ki Nartosabdo Klaten. Ki Nartosabdo adalah putra Klaten, Jawa Tengah lahir pada tanggal 25 Agustus 1925 dan meninggal di Semarang tanggal 7 Oktober 1985 pada usia 60 tahun. Ki Nartosabdo adalah seorang seniman musik dan dalang wayang kulit legendaris. Nama asli Ki Nartosabdo adalah Soenarto. Dan pada tahun 1948 mendapat tambahan gelar " Sabdo " sejak saat itu namanya berubah menjadi Ki Nartosabdo. Sudah banyak karya lagu yang beliau ciptakan misalnya Aja Lamis, Setyatuhu, Kasung Trisna, Kelinci Ucul dan masih banyak yang lainnya. 

Patung Ki Nartosabdo Klaten

Patung Ki Nartosabdo ini terletak di persimpangan jalan Merbabu dan jalan Merapi, Klaten. Dulu patung ini kecil, hanya sedada replika Ki Nartosabdo. Dan diresmikan oleh Bapak Harmoko tatkala itu menjabat menteri penerangan, sekitar tahun 1993 an. Menurut penilaian Raja Blangkon, patung Ki Nartosabdo ini kurang begitu baik bentuk dan pahatannya. Dijamin orang awam tidak akan menggenal siapa sosok patung tersebut. Di tambah tidak ada nama atau tulisan prasasti di depannya. Diperburuk lagi tiang listrik menjadi penghalang atau mengganggu pemandangan. Alangkah baiknya jika tiang listrik itu berada dibelakang gunungan patung Ki Nartosabdo.

Sumber : http://www.djangkarubumi.com
 

17 komentar

wah bener tuh pak, tiang listriknya mengganggu saja.. hehehe

Patungnya justru mirip Raja Blangkon ....heheheheee...

maklumlah kang...penghargaan pihak PLN dan kabupaten KOTA KLATEN sekarang ini, sepertinya minus terhadap Ki nartosabdo, buktinya ujug2 pleketet-gujleg..tihangnya dipasang disitu...ooo mungkin ngga kliatan saat masangnya...ya?!

Pernah liat nih dulu pas jalan jalan.

patungnya pakai blangkon pasti pinjem punya raja blangkon ya :D

sayang banget ya mas tiang listriknya, lebih bagus di ganti tiang bendera indonesia ya

baru tahu kalau ada patung dalang dipertengahan kota

narto sabdo itu klangenane bapak dulu
kalo siang siang mesti nyetel rri
hhehe

Wah kenapa emangnya mas kok tidak diberi prasasti nama dibawahnya..

untuk disini diberi penjelasan detil mengenai sosok patung diatas, jadi tau tuh..siip

jogjaaa tunggu aku dataang~
mau jalan2 keliling dikau~ hehe :P

haduh, parah bener si pemasang tiang listrik ini, apa nggak ada tempat lain ya? inilah bukti apreasi pemerintah terhadap kesenian....sudah tau ada monumen di situ, kok ya diperburuk dengan instalasi listrik...sayang sekali...

Patungnya sudah tak mirip, ditambah tiang listrik atau lampu. Parah deh !

Sudah tak mirip, coraknya kayak bajunya Raja Blangkon.., depannya tiang listrik pula..,wealah !

Sering pulang ke klaten....kok lupa ya mengamatinya secara detail

Seharusnya diberi identitas ya pak di depan atau di bawah patung tersebut, supaya masyarakat yang kebetulan lewat atau generasi yang akan datang bisa mengenalinya.

Saya kira tiang listrik juga perlu dirapikan mas, biar patung tersebut lebih terlihat indah. Mari kerja bakti merapikan tiang listrik hehehe :D

Maturnuhun, sampun kersa mampir !

 
Copyright © 2013- | Wajah Kota | Powered by Blogger
Back To Top