Wajah Kota

Sudut dan sisi kota punya cerita, wajah kota terekam kamera

Tugu Jogja

Tugu Jogja

Tugu Jogja. Jika berkunjung Jogja tanpa atau belum melihat Tugu Jogja akan terasa hampar alias kurang lengkap. Karena Tugu Jogja juga menjadi landmark akan Kota Jogja. Tugu ini terletak diperempatan jalan antara Jalan Jendral Sudirman dan Jalan Pangeran Mangkubumi. Tugu Jogja adalah salah satu bangunan peninggalan Sultan Hamengku Buwana I. Pembangunan Tugu tersebut dilakukan untuk memperingati rasa satu tekat atau kebersamaan antara raja dan rakyatnya.

Tugu Jogja

Pada tanggal 10 Juni 1867, Tugu ini pernah runtuh akibat gempa bumi. Dan direnovasi oleh  Sultan Hamengku Buwono VII pada tahun 7 Sapar 1819 ( 3 Okober 1889 ). Tugu Jogja memiliki ke unikan dan pesona, sayang jika terlewatkan untuk dikunjungi. Seandainya tidak ada kabel-kebel listrik yang melintang disamping atasnya,Tugu Jogja akan lebih cantik lagi. Yang menjadi pertanyaan dalam benakku, kenapa tidak lewat bawah tanah kabel-kabel itu, ah...mungkin terkendala biaya. Entahlah !

Sumber : http://www.djangkarubumi.com

28 komentar

saya pernah lewat sini mas, selalu banyak abg-abg yang foto di sekitar tugu :)

Wah kapan bisa ke jogya ya....

kapan aku bisa foto di tugu ya, biar narsis kaya si raja blangkon..

Wuih keren, meskipun sudah sering lewat dan berkunjung kesitu namun Tugu Jogja masih mempunyai daya tarik tersendiri

wah saya belum pernah melihat langsung mas.. adik saya yang pernah main ke sana.. saya cuma di pamerin foto fotonya saja hehehe

saya belum pernah ke tugu Jogya,setiap bulan hanya lewat saja ke kota Yogya,kapan yah bisa mampir hehe

saya malah belum pernah mas Boku hehe

Tugu ini sebagai peninggalan yang bersifat ciri khas dari kota Jogja ya Mas.

Eh, kemaren katanya ada yang nabrak tugu itu ya?

iya, tapi sudah lama peristiwanya.

betul sekali, banyak anak muda yang ingin narsis disana termasuk eyong :)

makanya sering ke jogja dong :)

punya nilai sejarah yang tinggi.

waduh,,,sayang tu..yuk ke jogja.

kok cuma lewat dong, berfoto-foto untuk kenang-kenangan.

kayaknya tahu persis mengenai tugu jogja, dulu ikut bikin tugu ya :)

wah, berat diongkos...hahhahaaaa

wah jadi inget dulu jalan-jalan ke Jogja mas, maksih infonya

saya belum pernah ke jogja lho mas, mau donk di jemput

Sama saya juga belum pernah ke Jogja nih...

wah .. jadi kangen ke Yogya lagi nih :)

wah mas , dulu saya sering sekali lewat di tugu tersebut bahkan hampir tiap hari, yang kebetulan saya sering lewat untuk kerja.

Sungguh mengasyikkan bisa berwisata sekalian mengenal sejarah suatu tempat ya Kang..

Saya juga heran kenapa Tugu Jogja sangat terkenal, padahal bangunannya biasa-biasa saja. Masih kalah sama Tugu Muda Semarang hehehe :D

Ternyata yang membuat terkenal adalah dari segi sejarahnya. Hmm saya malah baru tahu mas. hehehe padahal saya tinggal di Jogja sudah lama wkwkwkwkwk :D

alhamdulillah udah ada kesempatan ke sana.

Blognya pindah mas?

Maturnuhun, sampun kersa mampir !

 
Copyright © 2013- | Wajah Kota | Powered by Blogger
Back To Top