Home » , » Monumen Ex Tentara Pelajar Klaten

Monumen Ex Tentara Pelajar Klaten

Monumen Ex Tentara Pelajar

Monumen Ex Tentara Pelajar Klaten. Monumen ini terletak di jalan Merbabu atau depan sudut sebelah kanan gedung sekolah SMA Negri satu Klaten ( perempatan lampu merah ). Monumen ini diresmikan oleh Bapak Haji Suharsono ( Bupati Klaten tatkala itu ), pada tanggal 10 Agustus 1993. Monumen Ex Tentar Pelajar diperuntukan untuk mengenang jasa perjuangan warga Klaten yang telah gugur dalam merebut dan mempertahankan kemerdekaan Indonesia. 

Monumen Ex Tentara Pelajar Klaten

Tapi aku heran dan kurang paham, kenapa Monumen Ex Tentara Pelajar berbentuk patung Ganesha. Atau mungkin patung Ganesha menggambarkan kegigihan warga Klaten kala itu dalam merebut dan mempertahankan kemerdekaan seperti kegigihan Ganesaha (tokoh pewayangan) dalam menuntut ilmu hingga gading sebelah kanannya retak. Entahlah !

Sumber : http://www.djangkarubumi.com
 

18 komentar:

  1. di bawah patug ganesha itu kepala manusia kah Mas? kira-kira maksudnya apa ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. aku sendiri juga kurang paham maksud dan makna dari patung itu.

      Hapus
    2. mungkin karena ganesha sebagai lambang tokoh cerdas.

      Hapus
    3. kayak aku to kalau cerdas :)

      Hapus
  2. Wah saya malah baru tahu tentang Monumen Ex Tentara Pelajar di Klaten pak hehehe :D Kayaknya bagus monumennya :)

    BalasHapus
  3. Iya yah, apa hubungannya yah pendidikan sama ganesha. Perlu ditelusuri nih :D

    BalasHapus
  4. ya ya saya pernah liat, didepan pojok kanan sekolah sma satu klaten. patungnya ke tutup plakat reklame

    BalasHapus
    Balasan
    1. pernah lihat apa memang pernah nongkrong di situ :)

      Hapus
  5. patung ganesha ternyata diklaten ada juga ya sob

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ada,ganesha di Klaten identik dan cukup polpuler dijadikan logo mas. entah kebetulan atau tidak jika SMA 1 Klaten punya patungnya, "adik"nya SMP 1 Klaten punya ganesha sebagai lambang sekolah. :)

      Hapus
  6. terimakasih atas kunjungannya. salam untuk semuanya.

    BalasHapus
  7. Pelajar kok monumennya ganesha. Apa yang bikin patung dulu kesusahan kalau bikin patung pemuda?

    BalasHapus
  8. setahuku ganesha adalah dewa kecerdasan ( hindu )..

    mungkin biar pada cerdas orang2 nya ??

    BalasHapus
  9. wahh.. belum pernah ke klaten nih.. jadi belum tau .. thanks infonya ya sob.. kapan2 coba ah ke klaten..

    BalasHapus
  10. kenapa pake patung ghanesa, soalnya erat hubungannya dengan tentara pelajar, ghanesha kan lambang cerdik cendekia...gituh kali mah ya....;o)

    BalasHapus

Maturnuhun, sampun kersa mampir !