Wajah Kota

Sudut dan sisi kota punya cerita, wajah kota terekam kamera

Dari Jembatan Ampera Hingga Pulau Kemaro, Ini Tips Penting Bagi Backpacker Yang Ingin Liburan Ke Palembang

Jembatan Ampera Palembang
Jembatan Ampera (anekatempatwisata.com)
Liburan murah ala backpacker kini menjadi pilihan bagi para wisatawan. Dengan biaya yang minim, tapi tetap bisa merasakan pengalaman liburan yang tidak terlupakan. Di Indonesia, banyak kota yang bisa dipilih menjadi lokasi wisata backpacker. Termasuk di antaranya adalah Palembang yang merupakan Ibu Kota Provinsi Sumatera Selatan dan juga dikenal sebagai kota tertua di Indonesia.
Saat berlibur ala backpacker ke Palembang, Anda tidak perlu bingung pada saat membangun jadwal perjalanan atau itinerary. Ada beragam tempat wisata menarik yang bisa Anda jadikan lokasi kunjungan. Di antaranya adalah: 

1. Jembatan Ampera 
Jembatan Ampera merupakan ikon dari Kota Palembang. Anda belum resmi berkunjung ke Palembang kalau melewatkan tempat wisata yang satu ini. Jembatan ini dibangun pada tahun 1962, membentang di atas Sungai Musi yang dikenal sebagai sungai terpanjang di Pulau Sumatera - mencapai 750 km. Jembatan Ampera menghubungkan Seberang Ilir dan Seberang Ulu yang terpisahkan oleh sungai tersebut

Momen terbaik untuk menyaksikan pemandangan di jembatan ini adalah pada malam hari. Jembatan yang memiliki panjang mencapai 1.117 meter ini akan diwarnai dengan hiasan lampu warna-warni, membuatnya semakin terlihat memesona. Ditambah lagi, keberadaan dua menara setinggi 63 meter di Jembatan Ampera memperlihatkan suasana yang mirip dengan Jembatan Golden Gate di San Fransisco, Amerika Serikat.

2. Benteng Kuto Besak 
Kalau berkunjung ke Jembatan Ampera, tentunya juga harus menyempatkan diri ke Benteng Kuto Besak. Lokasi kedua tempat wisata ini bersebelahan, Anda hanya perlu berjalan kaki beberapa menit untuk menjangkaunya. Terlebih, Benteng Kuto Besak ini merupakan salah satu peninggalan dari Kesultanan Palembang. Pembangunan jembatan ini pun membutuhkan waktu yang lama, kurang lebih selama 17 tahun, pada masa pemerintahan Sultan Mahmud Badaruddin I hingga Sultan Mahmud Bahauddin.

3. Monpera 
Masih berada di lingkup kawasan sekitar Jembatan Ampera, Anda juga bisa menemukan keberadaan Monumen Perjuangan Rakyat Palembang (Monpera). Monpera dibangun sebagai sarana untuk menghormati jasa para pahlawan yang gugur dalam perjuangan mempertahankan Indonesia dalam peristiwa Agresi Militer Belanda II. Pada momen tersebut, Belanda menggempur Palembang selama lima hari lima malam. 

Monumen yang didirikan pada tahun 1988 ini memiliki bentuk bunga matahari dengan lima mahkota. Tidak lupa, terdapat Patung Garuda yang menempel pada bagian depan monumen. Anda pun bisa memilih untuk masuk ke dalam ruangan Monpera. Di dalamnya, terdapat beberapa benda-benda bersejarah yang memperlihatkan perjuangan masyarakat Sumatera Selatan. Termasuk di antaranya adalah senjata, mata uang kuno, pakaian pejuang, hingga foto dokumentasi. 

4. Pulau Kemaro 

Sebagai persinggahan terakhir, Anda bisa berkunjung ke Pulau Kemaro yang berjarak sekitar 6 km dari Jembatan Ampera. Anda bisa menuju ke tempat ini dengan naik perahu - disebut dengan nama ketek oleh masyarakat setempat. Jangan lupa untuk menawar harga sewa ketek tersebut ya ?

Di Pulau Kemaro, Anda akan mendapati sebuah pagoda yang menjadi bagian dari kompleks Kelenteng Hok Tjing Rio. Tempat ini akan ramai pengunjung pada saat memasuki momen perayaan Tahun Baru Imlek ataupun Cap Go Meh. Selain itu, di sini juga ada legenda tentang kisah asmara pria asal Tiongkok bernama Tan Bun An dengan gadis lokal bernama Fatimah.

Airy Rooms

Untuk tempat menginap, jangan khawatir. Anda bisa menemukan beragam pilihan hotel murah di Palembang yang bisa dipesan. Solusi termudah menemukan tempat menginap murah di sini adalah via Airy Rooms. Pembayarannya juga mudah, bisa lewat transfer bank ataupun kartu kredit. Anda akan menemukan hotel murah dengan fasilitas yang cukup lengkap di sini. Mulai dari keberadaan akses internet WiFi gratis, kamar mandi dengan shower air hangat, air minum gratis, keberadaan tempat tidur yang bersih, AC, TV layar datar, serta perlengkapan mandi. 

4 komentar

Wah keren nih Pulau Kemaro. Belum pernah ada yg bahas kayaknya hihi

-M.
http://www.inklocita.com/2017/04/beli-jr-pass.html?m=1

Palembang masih punya lebih banyak tempat tujuan wisata lo selain 4 lokasi yang ditulis di sini. Jadi inget, dua bulan lalu ke sana dan banyak yang belum ditulis.

Pengen pempeknya kalau kesana

Saya juga penasaran dengan empek-empak aslinya.

Maturnuhun, sampun kersa mampir !

 
Copyright © 2013- | Wajah Kota | Powered by Blogger
Back To Top