Wajah Kota

Sudut dan sisi kota punya cerita, wajah kota terekam kamera

Tempat Wisata Menawan di Dekat Makassar

Tempat Wisata Menawan di Dekat Makassar
Source img: Teraswarta.com
Sebagai ibukota provinsi, Kota Makassar adalah tempat paling populer di provinsi Sulawesi Selatan. Selain itu, Kota Daeng ini juga punya banyak tempat wisata yang sangat menarik untuk dikunjungi.

Namun sebenarnya, Makassar bukanlah satu-satunya daerah di Sulawesi Selatan yang punya destinasi wisata menarik. Masih banyak destinasi lain di Sumsel yang tak kalah menawan dengan tempat wisata lain yang ada di Indonesia. Lokasinya hanya berjarak beberapa jam dari Makassar.

Jadi sebelum mencari promo hotel di Makassar, cata dulu beberpa destinasi wisata menarik di dekat Makassar berikut ini

Taman Nasional Taka Bonerate 
Taman nasional yang berada di Kecamatan Taka Bonerate, Kepulauan Selayar ini adalah tempat terbaik untuk melihat keindahan taman laut di Indonesia. Taman nasional Taka Bonerate merupakan kawasan atol terbesar di dunia setelah Kwajifein, Kepulauan Marshall dan Suvadiva di Maladewa. Atol sendiri merupakan terumbu karang yang bentuknya melingkat seperti cincin, yang biasanya terbentuk dari kepulaun vulkanis yang sudah tenggelam.

Di taman nasional ini, tidaknya terdapat 261 karang dari 17 jenis familia seperti Pocillopora Eydouxi, Montipora Danae, Acropora Palifera, Porites Cylindrica, Pavona Clavus, sampai Fungia Concinna.

Itu berarti dimana ada karang, maka di situ ada ikan yang jumlahnya sangat banyak. Tercatat, 295 jenis ikan karang dan 244 jenis moluska dapat ditemukan di sini. Bahkan kalau beruntung, kamu juga bisa melihat bayi-bayi hiu yang bereneng dengan santai di tepi pantai dan beberapa jenis penyu yang sulit ditemui di tempat lain.Jadi, sudah pasti kalau Taman Nasional Taka Bonerate jadi salah satu spot diving dan snorkeling terbaik yang ada di Indonesia.

Rammang Rammang Maros
Rammang Rammang merupakan suatu wilayah di Kabupaten Maros yang dipenuhi pegungungan Karst atau kapur. Sangking banyaknya gunung kapur di sini, Rammang Rammang pun sering dijuluki sebagai Taman Hutan Batu Kapur. Sejauh mata memandang, kamu akan meliat batuan kapur di mana-mana. Ada yang ukurannya kecil, sampai menjulang sangat tinggi. Batu-batu ini pun tersebar hingga ke sungai dan sawah-sawah warga. Menariknya, batuan kapur tersebut menyetu dengan vegetasi hijau yang tumbuh subur di sana. Jadi bisa dibayangkan kalau pemandangan yang tersaji di Rammang Rammang sangat epic seperti di sebuah film fantasi.

Berbagai kegiatan menarik bisa kamu lakukan di sini. Mulai dari meleusuri sungai yang diapit pegunungan kapur, menyusuri goa, melihat bekas telapak tangan dari manusia jaman dahulu yang menempel di dinding, sampai mengunjungi desa adat. Rammang Rammang sendiri merupakan tempat yang sering tertutup kabut saat pagi. Maka dari itu tempat ini pun diberi nama Rammang Rammang.

Taman Nasional Bantimurung 
Selain Rammang Rammang, Kabupaten Maros juga punya taman nasional yang sangat menawan, yaitu Taman nasional Bantimurung, Taman nasional seluas 43 ribuan ketar ini adalah kerajaan kupu-kupu. Di sini, terdapat berbagai jenis kupu-kupu yang selalu terbang dengan anggun. Beberapa spesies kupu-kupu yang ada di sana, masuk dalam daftar hewan yang langka dan dilindungi seperti Chthosia Myrana, Papilo Adamantius, Troides Haliphron Boisduval, Troides Hypolitus Cramer, sampai Troides Helene Linne.

Taman Nasional Bantimurung juga memliki vegetasi tropis yang lebat, goa yang menjadi sarang kupu-kupu, sungai, tebing karst, sampai museum kupu-kupu sehingga sangat cocok untuk menjadi tempat liburan keluarga.

Tanjung Bira 
Tanjung Bira atau Tanung Bire adalah pantai yang secara administratif terletak di Kecamatan Bonto Bahari, Kabupaten Bulukumba. Pantai ini merupakan suatu Nirwana yang ada di Sulawesi Selatan. Airnya sangat jernih sebening kaca. Bahkan, kapal yang mengapung di atasnya pun bisa terlihat seolah melayang di udara. Pantainya pun memiliki pasir yang sangat halus, putih, dan bersih. Di dekat pantai Tanjung Bira juga terdapat pulau Kambing dan Pulau Liukang yang memiliki alam bawah laut yang sangat cantik dan dipenuhi berbagai jenis ikan.

Kete Kesu 
Kete Tesu merupakan salah satu desa adat yang masih sangat terjaga di Tana Toraja. Masyarakat di desa Kete Kesu selalu menjaga setiap hal yang diwariskan leluhur seperti yang dilakukan oleh masyarakat Waerebo di Nusa Tenggara Timur.

Bangunan rumah yang ada di desa ini pun tetap memertahankan cirikhas tradisional Toraja dengan atap yang berbentuk seperti perahu. Rumah tradisional tersebut, bernama Tongkonan. Berbagai upacara adat juga sering digelar di sini. Salah satu upacara yang paling terkenal di Kete Kesu adalah prosesi pemakaman yang berbeda dengan pemakaman pada umumnya. Di sini, setiap orang yang meninggal dunia akan dimakamkan dengan cara dimasukan ke dalam goa.

Jika dilihat dari tempat wisata di atas, maka bisa dibilang kalau Makasar dan sekitarnya adalah destinasi wisata terbaik yang ada di Indonesia. Jadi, buruan pergi ke Sulawesi Selatan. Kalau kamu membutuhkan hotel murah di dekat Makassar, kamu bisa cari hotel murah di www.reservasi.com karena ada berbagai kamar hotel menarik yang bisa kamu pesan dengan penawaran harga terbaik. 
 

Maturnuhun, sampun kersa mampir !

 
Copyright © 2013- | Wajah Kota | Powered by Blogger
Back To Top